08175043008

1. Selalu Bersihkan Wajahmu Terlebih Dahulu
Apapun perawatan wajah yang akan kamu lakukan, membersihkan wajah adalah tahap pertama yang nggak boleh kamu lupakan. Wajah yang bersih ini akan memudahkan penyerapan vitamin dan zat-zat lain yang diperlukan oleh kulitmu.
Untuk facial, nggak ada pembersih khusus yang harus kamu gunakan. Pembersih jenis apapun bisa kamu gunakan, asalkan sesuai dengan kondisi wajahmu, ya.

2. Bersihkan Sel Kulit Wajahmu yang Sudah Mati Dengan Scrubbing
Setelah membersihkan wajah, tahap berikutnya yang perlu kamu lakukan adalahscrubbing. Scrubbing ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit wajahmu yang sudah mati supaya kulitmu bisa “bernapas” dan teregenerasi dengan baik.
Kamu nggak perlu bingung harus scrubbing menggunakan apa, soalnya saat ini sudah banyak face scrub yang dijual di toko kecantikan maupun supermarket—beberapa menggunakan nama lain peeling. Kalau mau yang lebih alami, kamu bisa membuatnya sendiri dari campuran gula pasir, air mawar, dan minya zaitun yang diblender. Hasilnya, wajahmu nggak hanya teregenerasi tetapi juga cerah merona.

3. Selanjutnya, Wajahmu Perlu Diuapi Untuk Membuka Pori-Pori
Langkah facial berikutnya adalah steaming atau penguapan. Langkah satu ini bertujuan untuk membuka pori-pori kulit wajahmu, sehingga memudahkan untuk mencari dan mengeluarkan komedo yang tersembunyi.
Di salon-salon, memang ada alat khusus untuk menguapi wajahmu. Tapi untuk di rumah, kamu hanya perlu baskom berukuran sedang dan air panas saja, kok. Dekatkan wajahmu sekitar 20 cm ke bibir baskom berisi air panas. Biarkan wajahmu terkena uap dari air tersebut selama 5-8 menit. Setelah itu, keringkan wajahmu secara perlahan menggunakan handuk halus atau tisu wajah kering.

4. Tahapan Facial Paling Seru: Mencari Komedo

Nah, ini dia tahapan facial yang ditunggu-tunggu. Yap! Mencari dan mengeluarkan komedo bandel yang bersembunyi di balik kulit wajahmu.
Mencari komedo itu gampang-gampang-susah. Untuk sekitaran hidung, kamu bisa menggunakan bantuan pore pack yang banyak dijual di pasaran. Tapi untuk daerah wajahmu yang lain, kamu perlu menggunakan alat khusus. Tenang, banyak di jual di toko-toko kecantikan, kok. Saat komedonya sudah berhasil dikeluarkan, langsung di lap dengan tisu kering yang bersih, ya.

5. Bilas Wajahmu Dengan Air Untuk Menghilangkan Sisa-Sisa Kotoran Dari Komedo

Tahapan mengeluarkan komedo memang seru, tapi juga membuat wajahmu kotor lagi. Untuk itu, sebelum melanjutkan home facial-mu, kamu perlu membersihkan wajahmu lagi. Kali ini, kamu nggak perlu menggunakan sabun pembersih. Cukup dibilas dengan air saja dan biarkan airnya meresap ke dalam kulit untuk hidrasi.

6. Maskerlah Wajahmu Untuk Menutrisi dan Meremajakan Kulit
Melakukan facial kurang afdal rasanya kalau belum dilengkapi dengan sesi masker wajah. Setelah sakit-sakitan mengeluarkan komedo, wajahmu disegarkan dengan masker dan kandungan yang ada di dalamnya.
Masker wajah ini memiliki manfaat untuk membuat kulit wajahmu tetap kencang, cerah, dan ternutrisi. Oleskan masker secara merata ke seluruh bagian wajah—kecuali mata dan bibir— dan lehermu. Untuk bagian mata, kamu bisa menutupnya dengan timun segar. Diamkan masker wajah ini selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.
Masker wajah ini sudah banyak yang tersedia dalam bentuk pasta siap pakai. Tapi, nggak ada salahnya kalau kamu membuat sendiri dengan bahan yang lebih segar dan alami, ‘kan?

7. Tutup Pori-Pori Wajahmu Dengan Mengoleskan 1 Balok Kecil Es Batu
Setelah bersih dari masker, berarti sekarang saatnya menyegarkan wajahmu. Caranya mudah kok dan nggak perlu produk kecantikan apapun. Yap! Kamu cuma butuh 1 balok kecil es batu saja.
Oleskan es batu ini ke seluruh wajahmu sampai habis. Setelah itu, biarkan airnya menyerap dengan sendiri ke dalam kulitmu tanpa perlu dilap dengan tisu. Air dingin ini nggak hanya memberikan kesegaran saja, tetapi membuat kulitmu tetap terhidrasi dan menutup pori-pori kulitmu.

8. Terakhir, Jangan Lupa Mengoleskan Serum dan Pelembab Supaya Kulitmu Nggak Kering
Walaupun wajahmu sudah segar, jangan lupa untuk menutup sesi home facial-mu ini dengan mengoleskan serum dan pelembab ke wajah cantikmu. Keadaan wajah yang segar ini dapat mempercepat penyerapan serum dan pelembab ke dalam kulitmu. Jadi, jangan sampai terlupa, ya!
Mudah, ‘kan? Kalau sudah bisa facial sendiri, nggak perlu ke salon lagi, deh!

Halaman ini biasanya ditemukan di Google dengan Kata Kunci :