Bisnis Franchise atau Kemitraan

[dropcap color=”orange”]I[/dropcap] stilah franchise mungkin sudah akrab di telinga anda beberapa tahun belakanagan ini. Secara sederhana franchise dapat diartikan sebagai usaha kemitraan. Hubungan kemitraan terjadi antara pemilik lisensi usaha franchise atau disebut franchisor dengan pihak pembeli lisensi atau disebut franchise yang akan mengelola cabangdari usaha tersebut. Biasanya dalam perjanjian kerjasama, pihak franchise akan membayarkan sejumlah dana yang besarnya telah ditentukan sebagai royalty bagi pihak pemilik lisensi.

Bisnis franchise tumbuh pesat di Indonesia, baik brand asing maupun domestic. Bila dicermati, kebanyakan usaha yang di franchise-kan adalah sector day to day, seperti bisnis makanan, minuman, pendidikan, salon kecantikan, fitness centre sampai dengan bisnis bengkel. Hal ini bukannya tanpa alasan, sector industri itulah memang tidak pernah sepi dari peminat.

Kalau dilihat dari system kerjanya, usaha franchise cocok bagi anda yang masih tergolong pemula dalam dunia bisnis. Mengapa demikian? Hal itu karena apabila terjadi masalah, pihak franchise dapat berdiskusi dengan pihak franchisor sehingga bisa dicarikan solusinya. Dari segi promosi pun lebih diuntungkan jika membeli lisensi franchise karena biasanya franchisor telah menganggarkan biaya promosi. Jika anda tidak perlu repot-repot berpromosi sendiri.

Kiat Sukses Pilih Franchise

Untung Rugi Usaha Franchise

Dalam memilih usaha franchise, anda harus mengetahui untung dan ruginya sebagi berikut.

Keuntungan :

Kerugian :

 

Di kutip dari buku : “Rahasia Sukses Berbisnis Sampingan Skala Rumahan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.