Berapa Kali Idealnya Kita Melakukan Treatment Facial ? Kamu harus Tau Agar Wajahmu Tidak Rusak

Berapa Kali Idealnya Kita Melakukan Treatment Facial ? Kamu harus Tau Agar Wajahmu Tidak Rusak

facial-treatment-at-dskin
dailyvanity

Salah satu metode untuk membuat kulit wajah cerah dan kembali remaja adalah dengan melakukan facial. Facial ini merupakan treatment kulit yang mencakup massage, peeling, ekstraksi, eksfoliasi, diuapi, masker dan moisturizer. Facial yang dilakukan rutin dapat membantu agar kulit tetap terjaga awet muda, menunda dan mengurangi kerutan di wajah, bintik hitam, membantu melembutkan kulit dan mengatasi jerawat.

Lalu berapa kali dalam sebulan kah waktu yang terbaik untuk melakukan facial?

Ternyata menurut dr. Jaishree Sharad, seorang dokter ahli kecantikan kulit, facial boleh dilakukan setiap 4 – 6 minggu. Terlalu sering melakukan facial malah akan berakibat kurang baik untuk kulit wajah.

Facial yang rutin memang akan membuat kulit wajah jadi lebih halus dan cemerlang. Facial yang baik memang harus dikonsultasikan dengan ahli kecantikan. Usahakan saat facial semua kosmetik yang digunakan sesuai dengan kebutuhan kulit. Apabila kulit berjenis kering, maka pastikan bahan yang digunakan mengandung pelembab yang tinggi. Untuk kulit berminyak pastikan krim yang digunakan mampu membantu mengurangi dan mengontrol jumlah produksi minyak.

Sebisa mungkin jangan melakukan facial secara sembarangan Ladies. Pastikan semua bahan yang dipilih sesuai dengan kebutuhan. Salah memilih bahan untuk facial malah akan merusak kulit dan membuatnya bermasalah. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Source : vemale

 

Tips Mudah Melakukan Steam Facial Sesuai Jenis Kulit di Rumah

young-110174_640
Sering bermasalah dengan kulit wajah yang terlihat kusam dan kotor? Kesibukan dan aktivitas yang padat memang membuat kita tak punya waktu untuk pergi ke salon demi mendapatkan perawatan wajah. Tapi tak perlu khawatir, Anda bisa melakukan perawatan wajah sendiri di rumah dengan melakukan steam facial. Seperti apa caranya? Ikuti tips berikut ini.
Cukup Sekali dalam Seminggu
Seperti yang dilansir oleh girlslovestyle.com, facial steam cukup dilakukan sekali dalam seminggu. Tapi untuk Anda yang memiliki kulit berminyak, Anda bisa melakukannya dua kali seminggu. Sementara untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, Anda bisa cukup melakukan facial steam sekali dalam dua minggu.
Penting!
Jika Anda memiliki penyakit asma atau alergi terhadap jenis tumbuh-tumbuhan tertentu, sebaiknya tak melakukan facial steam ini. Anda yang memiliki kulit super sensitif atau masalah kulit dan jerawat yang parah, sebaiknya juga tak melakukan facial steam ini.
Langkah-Langkah Melakukan Facial Steam
1. Bersihkan wajah terlebih dahulu, tapi jangan menggunakan scrub wajah. Bilas dengan air hangat terlebih dahulu.
2. Rebus air hingga mendidih. Masukkan air ke dalam mangkuk atau baskom.
3. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tambahkan rempah-rempah atau minyak esensial*.
4. Tunggu air hingga tidak begitu panas, agar tidak membuat kulit iritasi.
5. Usahakan rambut Anda tidak menutupi wajah Anda (bisa dikuncir terlebih dahulu atau dijepit dengan penjepit rambut).
6. Gunakan handuk untuk menutupi rambut Anda dan agar uap bisa terserap dengan baik.
7. Arahkan wajah Anda ke mangkuk atau baskom tersebut, sekitar 20 centimeter di atasnya.
8. Pastikan uap air tersebut bisa mengenai pori-pori kulit wajah Anda, diamkan selama 10-20 menit.
9. Untuk kulit sensitif, cukup dapatkan uap airnya selama 10 menit.
10. Sementara untuk kulit berminyak, dapatkan uap airnya selama 20 menit.
Jika Anda merasa tak nyaman dengan uap panasnya, palingkan wajah Anda sesekali baru lanjutkan.
11. Jika sudah selesai, tepuk-tepuk wajah Anda dengan handuk bersih dengan lembut.
12. Anda bisa mengenakan masker wajah sesudahnya, lalu bilas dengan air hangat suam-suam kuku, baru kenakan pelembab wajah.
*Rempah dan Minyak Esensial untuk Jenis Kulit Tertentu
Air panas yang digunakan bisa ditambahkan dengan rempah atau minyak esensial tertentu. Pastikan Anda menyesuaikannya dengan jenis kulit Anda.
Untuk kulit berminyak, Anda bisa menambahkan teh hijau, lavender, minyak kayu putih, potongan tipis jeruk lemon, atau mint. Jika Anda memiliki kulit kering, Anda bisa menambahkan lavender, chamomile, minyak mawar, atau teh hijau. Sementara untuk kulit sensitif, Anda bisa menggunakan lavender atau chamomile. Bagaimana dengan kombinasi kulit normal dan berminyak? Gunakan lavender, teh hijau, atau tea tree oil.
Saat Anda memasukkan rempah atau minyak esensial ke dalam air panas yang akan dipakai untuk facial steam, diamkan dulu selama 1-2 menit agar meresap dengan merata. Caranya tidak rumit kan? Selamat mencoba di rumah.

Cerahkan Kulit Setiap hari dengan Facial Es Batu

Cerahkan Kulit Setiap hari dengan Facial Es Batu

1473497640-cara-ampuh
youthmanual.com

Ketika mendengar kata facial (rawat muka), kita biasanya membayangkan diri berbaring santai, mendengarkan musik, dan melakukan perawatan wajah khusus. Tapi ternyata ada facial yang sangat praktis dan mudah. Bahkan kita bisa melakukannya sambil melakukan aktivitas lain di pagi hari seperti sambil gosok gigi atau sarapan pagi. Facial yang dimaksud adalah facial es batu.

Seperti yang dilansir oleh youqueen.com, kita bisa menggunakan es batu untuk facial di pagi hari. Bagaimana caranya?

Untuk melakukan facial es batu di pagi hari, Anda tinggal mengambil es batu. Bungkus atau lapisi terlebih dahulu dengan handuk kertas (paper towel) atau kantung plastik. Kemudian tekan es batu tersebut ke permukaan kulit Anda. Es batu yang digunakan memang sebaiknya harus dibungkus terlebih dahulu agar tidak membuat pembuluh darah tipis di kulit wajah pecah.

Apabila Anda ingin mendapatkan kesan yang berbeda dengan facial es batu ini, Anda bisa membekukan air yang akan dijadikan es batu dengan mencampurnya terlebih dahulu dengan buah semangka, lemon, atau bahkan mawar.

Selain menggunakan es batu, Anda juga bisa menggunakan air es. Caranya cukup siapkan semangkuk air es, lalu basuh wajah Anda dengan air es tersebut di pagi hari. Basuh tiga kali, dengan interval 10-30 detik.

Apa saja manfaat yang diperoleh dengan facial ini?

  1. Meredakan kulit wajah kemerahan.Punya masalah kulit terbakar atau kulit Anda alergi terhadap krim kulit tertentu? Air es bisa meredakan kulit kemerahan Anda. Di pagi hari sebelum mengenakan alas bedak, Anda bisa membasuh wajah Anda dengan air es terlebih dahulu.
  2. Mengencangkan kulit.Punya masalah pori-pori kulit yang besar? Coba lakukan facial es batu ini. Air es atau es batu bisa mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori kulit. Bahkan wajah Anda bisa terlihat lebih halus dengan melakukan facial ini.
  3. Mengatasi keriput wajah.Sebelum menggunakan krim pencegah keriput yang mahal atau retinol, Anda bisa cukup gunakan air es untuk membasuh wajah Anda di pagi hari untuk mencegah munculnya kerutan dan keriput di wajah.
  4. Membuat wajah terlihat bersih dan segar.Baru saja begadang dan hanya tidur beberapa jam saja? Lakukan facial air es atau es batu ini untuk membuat wajah Anda terlihat segar dan bersih.

Anda juga bisa menggunakan es batu untuk mengatasi berbagai masalah kulit lain. Untuk mengatasi jerawat, gunakan es batu yang sudah dibalut dengan paper towel, lalu tekankan ke daerah yang berjerawat selama beberapa menit. Untuk kulit terbakar, Anda bisa membuat es batu yang terbuat dari lidah buaya beku. Jika ingin mendapatkan kulit yang bercahaya, Anda bisa menggunakan es batu yang dibuat dari jus jeruk lalu gosok-gosokkan ke kulit, diamkan selama 1-2 menit.

Sangat mudah kan untuk mendapatkan kulit cerah dan bercahaya di pagi hari? Selain itu Anda pun akan langsung merasa segar di pagi hari saat kulit wajah Anda sudah bersentuhan dengan air es.

 

Source : vemale.

 

Mengenal Jenis-Jenis Massage

Mengenal Jenis-Jenis Massage

massage-1929064_640

Saat ini Massage atau pemijatan sudah tidak hanya terbatas di spa-spa saja. Sekarang pun sudah banyak hadir di klinik-klinik pemijatan di sekitar kita. Massage termasuk dalam perawatan alternatif. Tidak hanya untuk untuk alasan kesehatan, beberapa orang memilih massage karena efek relaksasi yang diberikan.

Dilansir dari mayoclinic.com, hasil studi menyatakan bahwa massage mampu mengurangi stress dan mengurangi rasa tegang pada otot. Selain itu, massage juga mampu mengurangi sakit kepala, insomnia yang dikarenakan stress, luka sendi seperti terkilir, serta beberapa masalah kesehatan lainnya.

Ada beberapa tipe massage, diantaranya adalah:
– Swedish Massage yang banyak menggunakan gerakan melingkar dan pukulan-pukulan ringan
– Deep Massage yang lebih lambat dan memberikan tekanan yang lebih bertenaga untuk merawat masalah otot
– Sports Massage yang mirip dengan Swedish massage namun ditujukan khusus untuk orang-orang yang banyak melakukan aktifitas olahraga untuk mencegah atau merawat luka akibat berolahraga
– yang terakhir, Trigger Point Massage yang dilakukan khusus pada area otot yang tegang akibat luka atau kelelahan.

Tapi Ladies, apapun manfaat yang diberikan lebih baik Anda menghindari massage jika mengalami satu atau beberapa kondisi di bawah ini:
– patah tulang
– menderita osteoporosis
– memiliki luka bakar atau luka yang masih terbuka
– kelainan pendarahan atau jika sedang mengonsumsi obat yang memberikan efek mengencerkan darah
– hamil, dan atau
– menderita kanker

Jadi, pastikan Ladies melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter Ladies sebelum Ladies memilih perawatan massage ya. Tetap sehat selalu!

source : vemale

Cara Membuat Jus Detox yang Dapat Membuat Kulit Cerah dan Awet Muda

Cara Membuat Jus Detox yang Dapat Membuat Kulit Cerah dan Awet Muda

Cara Membuat Jus Detox yang Dapat Membuat Kulit Cerah dan Awet Muda

Kecantikan kulit tidak hanya diperoleh dari luar, namun juga perlu perawatan dari dalam. Jus bisa menjadi minuman yang sangat baik untuk menghilangkan zat yang tidak berguna dalam tubuh dan memaksimalkan nutrisi yang salah satunya dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Nah, berikut ini ada beberapa resep jus detoksifikasi untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit
Bit Wortel Punch

bit wortel punch
Buah bit memiliki kandungan asam folat tinggi untuk mengganti sel yang rusak dan kalium yang berfungsi untuk mengontrol kadar cairan dalam tubuh. Selain itu, buah bit mengandung Vitamin C yang cukup tinggi. Nah, kombinasi bit dan wortel ini sangat cocok untuk mendetoksifikasi tubuh karena mereka kaya serat dan tinggi Vitamin C. Selain itu, kandungan antioksidan tinggi pada wortel dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Bahan :
1 buah wortel. Cuci, kupas, dan potong.
1/2 buah bit. Cuci, kupas, dan potong
2 Sdm air lemon
1 batang seledri. Iris kasar
1/2 buah apel.
1 Sdm madu
Air putih secukupnya.

Cara membuat :
1. Campurkan wortel, bit, seledri, dan apel dengan air putih secukupnya di blender.
2. Haluskan dengan kecepatan sedang agar kandungan vitamin tidak rusak.
3. Saring jus yang telah halus. Tambahkan air lemon dan madu.
4. Minumlah jus tersebut setiap 2 hari sebelum tidur untuk mendetoksifikasi tubuh dan menjaga kesehatan kulit.

Kiwi Punch

kiwi punch
Buah ini memiliki manfaat berlimpah bagi kesehatan dan kecantikan. Kandungan Vitamin C yang tinggi sangat baik dalam menjaga daya tahan tubuh, Kandungan antioksidannya pun sangat baik untuk menjaga kulit dari serangan radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Kiwi juga kaya akan serat yang mampu mendetoksifikasi tubuh secara optimal dan membuang zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh jika di konsumsi secara teratur. Tubuh sehat, kulit cantik pun didapat.

Bahan :
1 buah kiwi. Cuci, kupas, dan iris.
1/4 buah mentimun
2 sdm lemon
1 batang seledri, iris kasar
1 sdm madu

Cara membuat :
1. Campurkan kiwi, seledri, dan mentimun dalam blender.
2. Haluskan dengan kecepatan sedang.
3. Saring jus tersebut, tambahkan lemon dan madu.
4. Minumlah jus tersebut setiap pagi hari selama 3 hari maka tubuh akan lebih segar dan kulit akan terjaga kelembapannya.

Cucupple (Cucumber and Apple)

cucumber an apple

Buah apel memang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya dalam menjaga kesehatan kulit. Apel memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi. Buah ini juga sudah dikenal sebagai salah satu bahan untuk mendetoksifikasi tubuh yang sangat efektif karena kandungan asam malat di dalamnya. Minumlah jus apel setiap hari untuk dapat menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Bahan :
1 buah apel hijau. Cuci bersih
1/ 2 buah mentimun. Cuci bersih
3 helai daun mint
Madu atau gula batu secukupnya.
Air putih secukupnya

Cara membuat :
1. Potong buah apel dan mentimun tanpa membuang kulitnya.
2. Haluskan dengan blender apel, mentimun, dan daun mint dengan sedikit air.
3. Saring jus. Tambahkan madu atau gula batu
4. Nikmati jus setiap malam sebelum tidur.

Carnaple Juice

wortel plus apel
Wortel dan apel sudah tidak diragukan lagi kandungan nutrisinya untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Kandungan Vitamin C dan antioksidan juga berperan penting dalam mempercantik dan mencerahkan kulitmu. Selain itu serat tinggi pada keduanya sangat baik dalam mendetoksifikasi tubuh. Perpaduan keduanya tentu sangat sempurna untuk mendetoksifikasi tubuh dan merawat kesehatan kulit.

Bahan :
1 buah wortel
1 buah apel
2 sdm air lemon
1/ ruas jahe, kupas dan iris
Gula batu secukupnya
Air secukupnya.

Cara membuat :
1. Campur wortel, apel, dan jahe dalam blender.
2. Beri sedikit air kemudian haluskan dengan kecepatan sedang.
3. Saring jus, kemudian tambahkan air lemon dan gula batu.
4. Nikmati Jus sebelum tidur setiap 3 hari sekali.

6 Kebiasaan Simple yang Bisa Membuat Kaki Mulus dan Cerah

6 Kebiasaan Simple yang Bisa Membuat Kaki Mulus dan Cerah

legs-1716821_1280

Punggung kaki yang terlihat gelap dan kuku kaki yang kotor tentunya bisa membuat cowok-cowok ilfeel. Percuma kamu menghabiskan waktu berjam-jam untuk berdandan tapi kakimu masih terlihat dekil. Mulai dari sekarang, terapkan kebiasaan simple ini untuk kaki yang terlihat indah.

1. Selalu Menggosok Kaki dengan Sabun

Ketika kamu mandi, jangan lupa untuk menggosokkan kakimu dengan sabun untuk mengangkat bakteri dan kotoran yang menumpuk di kaki. Bersihkan kaki dengan seksama hingga ke celah-celah jari agar kaki bisa benar-benar bersih. Kaki yang bersih adalah kunci kaki cantik.

2. Rajin Lakukan Pedikur Setiap Minggu

Sering melakukan pedikur sendiri di rumah bisa mencegah tumit kering dan pecah-pecah yang pastinya bisa menurunkan tingkat kecantikan kakimu. Cukup dengan merendam kaki di dalam campuran air panas dan garam kristal selama 5 – 10 menit. Setelah itu, gosokkan telapak kaki dan tumit dengan menggunakan batu apung untuk mengeksfoliasi sel kulit mati pada kaki yang merupakan penyebab kaki yang kusam dan kapalan.

3. Biasakan untuk Mencuci Kaki setelah Melepas Alas Kaki

Setelah pergi seharian, kaki yang selalu terbungkus dengan alas kaki pasti akan menjadi kering. Kulit kaki yang kering bisa menyebabkan kaki pecah-pecah dan terlihat kusam. Karena itu, sangat penting bagi kamu untuk membiasakan selalu mencuci kaki setiap melepas alas kaki agar kaki dapat tetap lembap dan bersih.

4. Oleskan Moisturizer atau Lotion Pada Kaki Setiap Malam Sebelum Tidur
Untuk mencegah kulit kaki yang kering dan tumit yang pecah-pecah, sekarang saatnya kamu menerapkan kebiasaan menggunakan lotion atau moisturizer pada area kaki secara menyeluruh hingga ke bagia telapak kaki. Lakukan ritual perawatan ini pada malam hari sebelum tidur dan setelah mencuci bersih kakimu.

Jika memang kakimu cenderung lebih cepat kering dan memiliki tumit yang pecah-pecah, maka kamu bisa membungkus kakimu dengan kaus kaki setelah mengoleskan lotion. Cara ini sangat ampuh untuk melembapkan kaki dan mengembalikan kekenyalan dan kehalusan kulit kaki. Oh iya kamu juga bisa memilih lotion yang sekaligus dapat mencerahkan sehingga kakimu bisa terlihat lebih putih dan cerah.

5. Selalu Jaga Kebersihan Kuku Kaki dengan Rutin Memotongnya

Tidak lengkap jika kulit kaki sudah cerah dan mulus tetapi kuku kakimu masih kotor. Karena itu, kebiasaan memotong kuku kaki setiap minggu bisa menjaga kukumu agar selalu bersih dan sehat. Kuku yang selalu dipotong ini juga bisa mencegah berkembangnya bakteri pada kaki yang bisa menyebabkan berbagai masalah kulit.

6. Jangan Lupa Gunakan Sunblock Pada Punggung Kaki

Sebelum ke luar rumah menggunakan sandal atau flat shoes, jangan lupa untuk mengoleskan sunblock pada area kakimu. Kamu tidak mau kan kakimu terlihat belang karena terbakar sinar matahari? Sama seperti kulit tubuh dan wajah, kulit pada bagian kaki juga perlu kamu oleskan sunblock lho. Dengan rutin menggunakan sunblock, kulit kakimu pasti akan bebas belang dan akan terlihat lebih cerah.

Bagaimana dengan tips merawat kaki ini Beautynesian? Apakah kamu tertarik untuk menerapkan kebiasaan ini pada keseharianmu? Yuk, tinggalkan komentarmu di kolom bawah ini!

8 Manfaat Body Massage Yang Wajib Kamu Tau Untuk Kesehatan dan Kecantikan

8 Manfaat Body Massage Yang Wajib Kamu Tau Untuk Kesehatan dan Kecantikan

massage-1929064_1280

Body massage atau pijat tubuh mungkin bukanlah hal yang baru bagi Minasan. Teknik pemijatan tradisional bahkan sudah dilakukan secara turun temurun di berbagai negara. Ternyata body massage punya banyak manfaat bagi tubuh, lho. Tak hanya untuk fisik, tapi juga untuk pikiran. Ayo cari tahu apa saja manfaatnya!

Sebelum mengetahui manfaat-manfaat body massage, mari berkenalan terlebih dahulu dengan apa itu body massage. Pada zaman dulu, pijat selalu dikaitkan dengan berbagai fungsi khusus seperti untuk pijat bayi, wanita setelah melahirkan, dan lain-lain. Saat ini, pijat sudah menjadi tren baru yang digunakan sebagai perawatan kecantikan.

Body massage biasanya menggunakan minyak atsiri (essental oil) atau lotion berbahan alami agar proses pemijatan tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Essential oil pun biasanya beraroma terapi dan mengandung banyak vitamin yang berfungsi menutrisi kulit tubuh. Selain untuk perawatan kulit, body massage punya segudang manfaat. Yuk, cari tahu apa saja manfaatnya!

  1. Melancarkan Pernapasan

Manfaat terakhir dari body massage adalah melancarkan pernapasan. Dengan pemijatan yang tepat di area sekitar dada dan tulang rusuk, napas pun menjadi lancar. Minasan yang miliki masalah pernapasan dapat memilih body massage sebagai alternatif terapi.

  1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Dengan gerakan yang tepat, proses pemijatan pada tubuh akan membantu melancarkan sirkulasi darah. Biasanya, saat Minasan merasa stres dan lelah, sirkulasi darah akan terhambat. Karena itu, jangan ragu mencoba body massage sebagai satu gaya hidup sehat untuk kulit cantik Minasan.

  1. Melemaskan Otot Kaku

Jika Minasan terlalu sibuk bekerja sepanjang hari dan jarang melakukan olahraga, otot-otot tubuh pun menjadi kaku. Hal ini lebih sering menyerang individu yang banyak melakukan pekerjaan dengan duduk. Body massage bisa menjadi alternatif gaya hidup sehat untuk kulit cantik dan sekaligus melemaskan otot tubuh yang kaku. Pemijatan akan membuat otot menjadi lentur dan membuat tubuh terasa lebih segar.

  1. Memperbaiki Postur Tubuh

Menurut para ahli, body massage juga berfungsi memperbaiki postur tubuh. Jika Minasan mempunyai postur tubuh yang agak bungkuk atau tulang punggung yang bengkok karena kesalahan posisi duduk, body massage dapat membantu mengembalikan postur tubuh Minasan. Jika dilakukan oleh pemijat yang berpengalaman, tulang pun akan berangsur-angsur kembali ke posisi semula dan postur tubuh akan membaik.

  1. Menghilangkan Stres

Pijatan yang lembut dan menyeluruh pada tubuh Minasan yang kaku dan pegal bisa membuat Minasan menjadi lebih rileks. Oleh karena itu, body massage bisa menghilangkan atau mengurangi rasa stres. Body massage bisa disebut sebagai salah satu gaya hidup sehat untuk kulit cantik. Dengan pemijatan tradisional menggunakan bahan alami, body massage tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh.

 

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Siapapun bisa mengalami tekanan darah tinggi. Selain karena faktor makanan, tekanan darah tinggi juga bisa disebabkan karena pikiran. Tekanan darah setiap individu bisa naik kapan saja dan menyebabkan penyakit yang fatal. Untuk menghindari hal ini, body massage bisa diaplikasikan. Body massage membantu menjaga tekanan darah agar tetap normal.

 

  1. Mendorong Proses Relaksasi

Body massage biasanya dilengkapi dengan penggunaan aromaterapi. Bahan-bahan aromaterapi yang alami seperti lavender, peppermint, rose, atau chamomile bisa menghasilkan aroma yang menenangkan pikiran. Hasilnya, Minasan akan merasa lebih rileks. Beban pikiran pun bisa dilepaskan bersamaan dengan proses pemijatan.

 

  1. Mengurangi Ketegangan Kepala

Meskipun body massage lebih banyak dilakukan di tubuh, tak menutup kemungkinan bahwa cara ini bisa berpengaruh pada kesehatan kepala. Karena aliran darah pada tubuh menjadi lancar, darah yang sampai di kepala pun tidak terhambat. Karena itu, body massage bisa memberi manfaat mengurangi rasa tegang di kepala.

Source : beautynesia