Saat ini sedang marak aneka macam macam perawatan khusus bayi. Bagi Anda yang mempunyai seorang bayi, Anda dapat mencoba salah satu perawatan yang sedang jadi tren beberapa tahun belakangan ini, yaitu baby spa atau spa untuk bayi. Perawatan ini dianggap mampu memberikan banyak sekali manfaat kesehatan buat si buah hati.

Apa itu baby spa (spa untuk bayi)?

Baby spa merupakan perawatan buat bayi yang prosesnya menggabungkan aktivitas spa & pijat. Dalam spa bayi ini,  yang dilakukan yaitu memijat bayi yang dilakukan sang seorang terapis selama beberapa mnt dan bayi berenang atau berendam pada pada kolam khusus. Tak perlu cemas, baby spa ini aman dilakukan buat bayi. Perawatan ini tersedia pada tempat spa khusus bayi. apabila Anda tertarik namun belum pernah mencoba sebelumnya, tidak perlu khawatir lantaran aktivitas ini dilakukan sang terapis terlatih.

Apa saja manfaat baby spa?

Manfaat yang ditawarkan oleh spa bayi sebenarnya tidak diragukan lagi. Perawatan ini digadang-gadang sanggup merangsang stimulasi semenjak usia dini.

Bukan hanya itu, pengaruh nyaman dari spa & pijatan juga membuat bayi merasakan ketenangan & menghilangkan rasa gelisah. Bahkan, dari sebuah penelitian yang dimuat pada Jurnal Bidan “Midwife Journal”, manfaat baby spa mampu menciptakan tidur bayi lebih nyenyak & lama.

Secara garis besar, berikut berbagai manfaat yang di dapat dari baby spa untuk bayi:

Hal yang tidak kalah menarik, perawatan spa bayi yang Anda lakukan di rumah sendiri mampu menumbuhkan ikatan (bonding) antara bunda & bayi.

Lantas, apakah Anda tertarik buat memanjakan si kecil dengan spa? Tenang saja, perawatan baby spa bisa Anda lakukan menggunakan cara sederhana di rumah. Bagaimana cara melakukan baby spa di rumah? Simak pada penerangan berikut ini.

1. Beri pijatan lembut

Langkah pertama buat melakukan baby spa di rumah yakni dengan berikan si kecil pijatan lembut yang bisa merangsang regenerasi kulitnya. Pijat bayi adalah salah satu cara yang baik buat melakukan bonding dengan buah hati Anda. Penelitian juga menyatakan banyak manfaat pijat bayi, misalnya membantu bayi tidur lebih nyenyak, mengurangi kolik, bahkan menaikkan sistem imunitas & kemampuan motorik bayi.

Gunakan selimut atau handuk buat melapisi tubuhnya, Anda mampu membalut tubuhnya menggunakan Baby Oil yang mengandung ekstrak pengecap buaya yang kondusif buat si kecil, & mampu merangsang regenerasi kulit. Produk ini cocok buat pijat bayi karena gampang meresap & tidak meninggalkan kesan berminyak, aromanya pun lembut sekali, menciptakan sensasi baby spa di rumah semakin seru. Mulailah pijat ketika bayi telah terlihat tenang, lanjutkan menggunakan memijat bagian demi bagian tubuhnya.

Wajah

Berikut langkah memijat wajah bayi:

Perut

Berikut langkah memijat perut bayi:

Punggung

Berikut langkah memijat punggung bayi:

Kaki

Berikut langkah memijat kaki bayi:

Penggunaan minyak selama memijat bayi juga bisa mencegah gesekan berlebih antara tangan Anda & kulit bayi. Pregnancy Birth, and Baby menyatakan bahwa pijat bayi mampu dilakukan sekitar 10-30 mnt tergantung ketenangan si kecil  .

Penting buat melepas seluruh aksesoris tangan & perhiasan yang sedang Anda gunakan sebelum memijat bayi supaya tidak melukai kulitnya.

2. Berendam di bak mandi bayi

Tahap selanjutnya sehabis si kecil menerima pijatan-pijatan lembut, biarkan buah hati Anda berendam di bak mandi khusus bayi yang ukuran kecil.

Tidak terdapat aturan spesifik ketika melakukan ini, bahkan cenderung sama misalnya ketika Anda memandikan si kecil. Hanya saja disarankan buat mengisi bak mandi menggunakan air hangat dalam suhu kurang lebih 32 derajat Celcius. Di awal-awal perendaman, lakukan penyesuaian secara perlahan selama beberapa mnt hingga dia benar-benar terlihat nyaman berendam pada pada bak mandinya.

Awalnya bayi Anda mungkin hanya betah berendam selama 10-15 mnt, & ini tidak masalah. Nantinya kalau bayi telah mulai terbiasa, Anda dapat tingkatkan lagi durasinya jadi 20-30 mnt. Sembari dia berendam, Anda mampu menaruh perawatan spesifik buat membersihkan sekaligus merawat kulit bayi menggunakan Baby Wash atau  Baby Soap, dan menjaga kelembutan alami pada tiap helai rambutnya menggunakan Baby Shampoo favoritnya. Wanginya lembut & menyegarkan.

3. Lanjutkan dengan perawatan tubuh

Nah, sehabis memberikan pijatan lembut & mandi buat buah hati Anda, sekarang   saatnya memanjakannya menggunakan aneka macam macam perawatan kulit buat memberikannya kesegaran. Berikan Baby Lotion & Baby Powder buat menjaga kelembapan kulitnya sekaligus melindungi kulit bayi menurut iritasi, tetapi tetap memakai bahan-bahan alami yang aman bagi kulitnya.

Pada intinya, baby spa tidak wajib  selalu dilakukan salon khusus bayi. Anda juga bisa melakukannya di rumah menggunakan perlengkapan sederhana. Hal terpenting lainnya yang dapat Anda lakukan selain buat kesehatannya adalah kedekatan antara Anda & si kecil juga akan semakin bertambah.

Tips buat Ibu yang mau baby spa di rumah

Segera hentikan proses memijat bila dia terlihat rewel & mulai menangis. Ibu juga disarankan tidak memijat bayi ketika dia telah mengantuk atau ketika lapar. Ini demi menghindari bayi justru merasa jadi tidak nyaman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.