Facial Buah
Facial Buah

Nah, untuk cara pengolahan buah-buahan dan bahan alami. Berikut anda bisa gunakan cara seperti ini :

Jeruk nipis

Untuk melenyapkan dan memudarkan flek hitam, jeruk nipis ini bisa dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi masker wajah untuk facial buah. Untuk dikonsumsi langsung, jeruk nipis dapat diolah dengan mengambil satu buah jeruk nipis (sesuai selera), cuci bersih dengan air mengalir lalu belah hingga dua bagian. Kemudian saring atau peras dan tuangkan perasan jeruk nipis. Selanjutnya tambahakn air putih hangat dan 1 sdm madu atau gula untuk menghilangkan rasa asamnya. Sajikan olahan jeruk nipis ini dalam keadaan hangat.

Sebagai masker wajah untuk facial buah, jeruk nipis dapat diolah dengan mencampurkan jeruk nipis dengan tomat. Caranya mudah : ambilah satu buah tomat dan setengah potong jeruk nipis. Cuci bersih dengan air mengalir lalu pisahkan tomat dengan jeruk nipis. Setelah dipisahkan jeruk nipis diperas dan disaring. Sementara tomat dicampur dengan 1 sdm susu bubuk merek apa saja dan diblender hingga halus. Setelah halus berulah ditambahkan air perasan jeruk nipis lalu tambahkan air secukupnya. Setelah masker ini jadi, maka sebaiknya kulit wajah yang akan dioleskan masker dicuci terlebih dahulu dengan menggunakan air bersih. Setelah benar-benar bersih berulah kulit wajah dipal dengan menggunakan handuk hangat. Selanjutnya masker ini dioleskan secara merata ke area wajah sambil ditekan-tekan. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah selesai, masker campuran jeruk nipis ini bisa dibasuh dengan air hangat.

Seberapa sering penggunaan masker jeruk nipis uini sangat tergantung pada seberapa berat masalah flek hitam anda. Seandainya masalah flek hitam anda berat maka masker jeruk nipis ini bisa digunakan setiap 3 hari sekali. Dan jika flek hitam anda tergolong ringan penggunaan masker jeruk nipis ini cukup dilakukan seminggu sekali.

Nah, jika masker jeruk nipis ini rutin anda gunakan maka dalam kurun waktu terlihat 1-6 bulan saja kulit wajah terlihat lebih halus, lebih lembut, lebih kencang dan flek hitam terlihat memudar. Untuk maintenance masker jeruk nipis ini cukup digunakan 3 hari sekali. Agar hasilnya maksimal, selain rutin mengkonsumsi jeruk nipis dan mengoleskan maskernya, anda juga dianjurkan untuk menghindari kontak langsung dengan sinar matahari, menghindari menggunakan pil KB dan suntik KB hormonal, menghindari penggunaan kosmetik berbahaya serta rutin menggunakan sunblock dengan kadar SPF yang lumayan tinggi (SPF 30) yang sesuai dengan tipe kulit anda (jika kulit anda tergolong berminyak maka pilihlah sunblock berbentuk lotion atau krim). Karena jeruk nipis berasal dari bahan alami maka buah ini tergolong aman bagi siapa saja. Hanya saja bagi si kulit sensitive dan alergi terhadap jeruk nipis dianjurkan untuk menghindari penggunaanya. Pasalnya getahnya yang dihasilkan oleh jeruk nipis ditengarai mampu menyebabkan efek samping berupa gatal-gatal hingga kemerahan pada mereka yang berkulit sensitive.

Pepaya

Untuk melenyapkan dan memudarkan flek hitam, buah satu ini bisa dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi masker wajah. Untuk mempercantik kulit dari dalam, papaya sebaiknya dikonsumsi dua kali sehari, satu potong sesudah makan pagi dan satu potong papaya lagi untuk makan malam. Jika buah ini dikonsumsi secara rutin, niscaya kulit anda akan terlihat lebih segar, lembab, dan bercahaya dalam kurun waktu 1-6 bulan.

Sebagai masker wajah, papaya dapat diolah dengan mengambil beberapa potong buah papaya matang, kupas lalu cuci dengan air mengalir. Setelah pepaya ditumbuk halus lalu dicampur dengan madu. Sebelum mengoleskan masker ini anda dianjurkan untuk membersihkan kulit wajah dengan menggunakan air bersih. Setelah kulit wajah dilap dengan handuk hangat. Selanjutnya masker ini dibalurkan secara merata ke area wajah sambil ditekan-tekan. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah selesai masker papaya ini bisa di basuh dengan air hangat. Untuk meraih hasil maksimal penggunaan masker papaya ini bisa dapat dilakukan 2 kali seminggu. Nah, jika masker papaya ini rutin anda gunakan, maka dalam kurun waktu 1-1,5 bulan saja kulit wajah sudah terlihat halus, lembut, kencang dan flek hitam terlihat sedikit memudar. Untuk maintenance masker papaya ini cukup digunakan sekali seminggu.

Agar hasilnya lebih yahud, anda juga dianjurkan menghindari kontak langsung dengan sinar matahari, menghindari penggunaan pil KB dan suntik KB hormonal, menghindari penggunaan produk kosmetik berbahaya serta rutin menggunakan sunblock SPF 30 yang sesuai dengan tipe kulit anda. Berhubung buah papaya mengandung kadar getah yang lumayan besar, maka sebelum masker ini dibalurkan kekulit wajah, maka masker papaya ini sebaiknya dioleskan dulu ke area punggung tangan sebagai tester. Karena papaya tergolong bahan alami,maka buah ini relative aman bagi siapa saja. Hanya saja jika anda bermasalah dengan kulit sensitive dan alergi terhadap papaya maka tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi maupun mengoleskan maskernya karena ditakutkan akan memicu efek samping berupa kemerahan, iritasi, bengkak, radang dan gatal-gatal.

Bengkuang

Untuk memudarkan flek hitam, bengkuang bisa dikomsumsi secara langsung maupun diolah menjadi masker wajah. Untuk mempercantik kulit dari dalam, satu bengkuang bisa anda konsumsi dua kali sehari, ½ potong sesudah makan pagi dan ½ potong bengkuang lagi sesudah makan malam. Jika buah ini dikonsumsi secara rutin, niscaya kulit anda akan terlihat segar, lembab, dan bercahaya dalam kurun waktu 1-1,5 bulan.

Masker wajah bengkuang dapat diolah dengan mencampurkan bengkuang yang telah diblender halus dengan air putih dan madu. Sebelum mengoleskan masker ke kulit wajah anda sebaiknya anda bersihkan kulit wajah dengan menggunakan handuk hangat. Selanjutnya masker bengkuang dibalurkan secara merata ke area wajah sambil ditekan-tekan. Diamkan selama beberapa menit. Setelah masker mengering bilas dengan air hangat.

Untuk melenyapkan dan memudarkan flek hitam, masker bengkuang ini sebaiknya digunakan 2 kali seminggu. Nah, jika masker ini rutin anda gunakan 2 kali seminggu, maka dalam kurun waktu 1-3 bulan saja kulit wajah sudah terlihat lebih cerah, dan lebih kencang. Tak hanya itu saja, seiring dengan berjalannya waktu flek hitam akan memudar dengan sendirinya. Untuk maintenance masker ini cukup digunakan seminggu sekali. Untuk hasil maksimal, secara rutin mengkonsumsi bengkuang dan membalurkan maskernya ke kulit wajah, anda juga dianjurkan untuk menghindari kontak langsung dengan sinar matahari, menghindari penggunaan pil KB hormonal, suntik Kb hormonal, menghindari penggunaan kosmetik berbahaya serta rutin menggunakan sublock.

Kunyit

Untuk dikonsumsi langsung, kunyit dapat diolah dengan mengambil segenggam kunyit, lalu kupas. Hasil kupasan tersebut selanjutnya diparut atau dijus dengan blender (biasa ditambahkan air secukupnya). Setelah itu didihkan 2 kali, kemudian tambahkan sedikit garam (seujung sendok). Kemudian saring atau peras dan tuangkan perasan jeruk nipis serta tambahkan 1 sendok makan madu atau gula untuk menghilangkan rasa pahitnya. Sajikan olahan kunyit ini dalam keadaan hangat. Minumlah ramuan ini 3-5 hari sekali selama dua minggu berturut-turut. Jika olahan kunyit ini dikonsumsi secara rutin, niscaya kulit anda akan terlihat lebih segar dan bercahaya dalam kurun waktu tiga hari saja.

Sebagai masker wajah, kunyit dapat diolah dengan mengambil segenggam kunyit lalu dikupas. Hasil kupasan ini dicuci lalu diparut halus. Setelah itu campurkan dengan bedak dingin atau tepung beras. Sebelum dicampurkan, tepung beras ini direndam dan di campur dengan kunyit yang udah diparut. Setelah itu, oleskan sambil ditekn-tekan pada wajah, diamkan selama 15 menit sampai 20 menit. Bila sudah terasa mengeras di wajah, builas dengan air hingga bersih. Jika masker ini dioleskan secara rutin 2 kali seminggu, niscaya kulit anda akan terlihat lebih lembut dan halus dalam waktu 2-6 bulan. Setelah diperoleh hasil sesuai dengan yang anda inginkan, untuk maintenance, masker kunyit ini cukup dioleskan seminggu sekali.

Agar hasilnya lebih yahud, anda juga diharuskan utnuk melakukan serangkaian langakh pencegahan timbulnya flek hitam dan rutin menggunakan sunblock 30 setiap kali ingin keluar rumah. Karena kunyit berasal dari bahan alami maka kunyit ini tergolong aman bagi siapa saja. Hanya saja bagi si kulit sensitive dan alergi terhadap kunyit tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi maupun mengoleskan masker dan lulurnya karena ditakutkan akan memicu efek samping berupa bengkak, iritasi, radang dan gatal-gatal hingga kemerahan.

Dikutip dari “INFO KECANTIKAN EDISI 25 MARET – 07 APRIL 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published.