Sebuah Terapi Unik Dengan Pijat Bekam

Terapi Bekam Kering
Terapi Bekam Kering

Bagaimana jika anda bisa memanfaatkan pijatan tanpa mengeluarkan tekanan dalam??? Pijat bekam adalah pijat alternative untuk mengatasi masuk angin yang bisa menyembuhkan dengan pijatan tersebut. Perbedaan antara Pijat dalam dan pijat bekam yaitu : Pijat dalam, Standar menggunakan tekanan yang mendalam untuk membantu memecah dan menyingkirkan jaringan parut dari cedera sebelumnya dan perlengketan (terjebak bersama-sama jaringan) dari tekanan hidup sehari-hari karena cuaca. Sebaliknya, bekam pijat menggunakan alat hisap dan tekanan negatif untuk mempengaruhi otot-otot yang lebih dalam.

Bagaimana Bekerja Bekam

Pijat bekam modern tumbuh dari Pengobatan Tradisional Cina (TCM) praktek terapi bekam. Dalam terapi bekam tradisional praktisi TCM yaitu dengan cara sebuah gelas disiapkan untuk tempat api karena di dalam gelas, tembikar, atau cangkir bambu, api tersebut menarik oksigen dari cangkir, menciptakan ruang hampa, dan praktisi dengan cepat menempatkan ujung terbuka cangkir pada tubuh Anda.

Vakum dalam cangkir menciptakan segel pada kulit Anda yang memiliki hisap dan tekanan negatif yang mengangkat kulit dan jaringan di bawahnya. Stimulasi ini menyebabkan darah bergegas ke daerah dan meningkatkan aliran darah yang baik. Biasanya, praktisi TCM meninggalkan cangkir di satu tempat (stasioner bekam) selama sekitar sepuluh menit, meskipun kadang-kadang praktisi memindahkan gelas (berjalan bekam) dalam mode pijat.

Dalam pijat bekam secara modern seperti sekarang adalah dengan menggunakan alat kop. Perbedaan utama antara pijat bekam tradisional dan pijat bekam modern adalah bahwa seorang terapis pijat menggunakan cangkir untuk melakukan cara pijat bekam tradisional, seperti menyendoki tepi cangkir di atas otot, lingkaran kuat, atau cara panjang sepanjang otot. Sebelum menempatkan cangkir pada kulit Anda, terapis pijat perlu menambahkan minyak untuk kulit Anda agar kulit punggung lebih mudah dalam bergerak dan halus tanpa merasakan sakit. Beberapa terapis pijat menggunakan teknik yang sudah dijelaskan yaitu cupping, ini sebutan jaman modern tak lain teknik ini menggunakan satu set vakum manual dan juga menggunakan pompa untuk melekat kop pada kulit sehingga dengan mudah tubuh anda bisa mengeluarkan angin yang telah di cupping dengan pijat bekam.

Potensi manfaat pijat bekam meliputi :

  1. Santai otot – otot tegang
  2. Saluran air kelebihan cairan dan racun dengan membuka jalur limfatik
  3. Mengendur adhesi dan jaringan perut dengan mengangkat jaringan ikat
  4. Merangsang sirkulasi

Pertimbangan :

Pijat bekam menyebabkan kulit menjadi merah, yang menunjukan bahwa darah akan datang ke permukaaan. Hisap menarik kulit sampai ke dalam cangkir, menyebabkan permukaan pembuluh darah jadi meluas karena itu pori – pori membuka. Hisap ini dapat menyebabkan perubahan warna, karena sejumlah kecil darah dapat bocor dari kapiler perifer. Perubahan warna biasanya menghilang dalam beberapa hari. Seperti dengan semua jenis pijat, tapi pijat ini bukan untuk semua orang, jadi pastikan anda adalah terapis pijat yang menyadari semua kondisi kesehatan pasien anda. Maksud nya kondisi yang tidak perlu dilakukan pijat bekam itu seperti kulit meradang, demam tinggi, kejang – kejang atau kram dan mudah berdarah dan juga bekam tidak tepat pada daerah perut atau punggung bawahpada  ibu hamil. Dengan menggunakan minyak aromaterapi atau dengan minyak atsiri bermanfaat untuk mengembalikan keseimbangan dan meningkatkan kesehatan.

Mau tahu cara menggunakan kop bekam dengan benar? Kursus tentang bekam ini, anda bisa belajar dengan Matahari Refleksi di Jakarta ataupun di Surabaya. Dari awal sampai akhir kursus di ajarkan tahap demi tahap.

Leave a Reply

Your email address will not be published.